Siwon, Yesung & Kyuhyun ^^

Siwon, Yesung & Kyuhyun ^^

Rabu, 24 Oktober 2012

Maochism / Masokis

  1. A. Definisi dan Teori
Masokis atau masochism merupakan salah satu bentuk parafilia yang memiliki karakteristik adanya dorongan seksual yang kuat, berulang, terjadi dalam periode minimal 6 bulan, fantasi, serta tindakan yang dilakukan oleh oranglain untuk menerima rasa sakit atau rasa direndahkan.
Perilaku masokis sering dikaitkan dengan perilaku sadism karena mayoritas sadistis menjalin hubungan dengan masokis untuk memperoleh kepuasan seksual secara timbal balik. Dari hal tersebut muncullah istilah sadomasokis, nama tersebut berasal dari dua pengarang subjek yakni Marquis de Sade dan Leopold von Sacher-Masoch. Sadistis dapat memperoleh kenikmatan orgasmic sempurna dengan menimbulkan rasa sakit pada pasangannya sedangkan masokis dapat terpuaskan ketika membiarkan dirinya disakiti atau direndahkan namun adanya pernyataan dari praktisi sadistis dan masokis yang menyatakan bahwa mreka sering bergantian posisi untuk merasakan kenikmatan dari keduanya sekaligus. Hal ini terjadi dalam hubungan heterosexual maupun homosexual.
Aktivitas seksual yang dilakukan sadistis dan masokis bermakna fiksional dan sangat terencana yaitu aktivitas tersebut disusun dalam sebuah cerita dengan berbagai aturan dan prosedur yang disepakati bersama. Disakiti, dipermalukan, dan didominasi adalah bagian dari kesepakatan yang diperankan. Masokisme seksual melibatkan situasi mengikat atau menyakiti diri sendiri pada saat masturbasi atau berfantasi seksual. Selain itu, pasangan juga diminta untuk mengikat (membatasi gerak), menutup mata (membatasi visual), memukul dan bahkan mencambuk. Pada beberapa kasus ditemukan praktisi masokis juga menginginkan untuk dikencing, diberaki atau menjadi objek penganiayaan verbal dengan tujuan mendapat kepuasan seksual.
Aktivitas masokisme seksual yang paling berbahaya adalah hipoksifilia, dimana partisipan terangsang secara seksual dengan dikurangi konsumsi oksigennya, misalnya dengan menggunakan jerat, kantung plastik, bahan kimia, atau tekanan pada dada. Pengurangan oksigen ini juga disertai dengan fantasi sesak nafas atau dengan dibuat sesak nafas oleh pasangan dan baru menghentikan aktivitas ini sebelum kehilangan kesadaran namun terkadang kematian karena kehabisan nafas juga terjadi akibat salah perhitungan.
Menurut psikologi klasikFreud memperkenalkan istilah masokisme primer dan sekunder. Walaupun gagasan ini memiliki sejumlah penafsiran, dalam masokisme primer, masokis melakukan penolakan sepenuhnya atau sebagian kepada model atau objek kawin (atau sadis), mungkin melibatkan model menganggap musuhnya sebagai pasangan yang terpilih. Penolakan sepenuhnya ini terkait dengan pengendali kematian dalam psikoanalisa Freud (Todestrieb). Dalam masokisme sekunder, sebaliknya, masokis mengalami penolakan yang ringan dan hukuman oleh model. Masokisme sekunder, dengan kata lain, adalah versi yang relatif kasual dan lebih lembut.
Sartre menyajikan teori sadisme dan masokismenya. Karena kenikmatan atau kekuatan dalam mencari figur korban banyak ditemukan dalam sadisme dan masokisme, Sartre mampu menghubungkan fenomena ini dengan filosofi terkenalnya “Look of the Other (Melihat orang lain)”. Sartre berpendapat kalau masokisme adalah usaha oleh ‘For-itself’ kesadaran untuk mereduksi dirinya ke ketiadaan, menjadi objek yang tenggelam dalam “relung subjektivitas orang lain.” Dengan ini Sartre bermaksud mengatakan kalau adanya keinginan ‘For-itself’ untuk mempertahankan sudut pandang dimana ia subjek sekaligus objek, strategi yang mungkin adalah mengumpulkan dan memperkuat tiap perasaan dan postur dimana diri tampak sebagai objek untuk ditolak, diuji dan dipermalukan; dan dengan cara ini For-itself berjuang menuju sudut pandang dimana hanya ada satu subjektivitas dalam hubungan, yang merupakan milik yang dilecehkan dan peleceh sekaligus. Sartre berpendapat kalau sadisme adalah usaha menghapus subjektivitas korbannya. Itu berarti kalau sadis terdorong oleh gangguan emosional korban karena mereka mencari subjektivitas yang memandang korban sebagai subjek sekaligus objek.
Sedangkan menurut psikologi modernSeorang sadis, di sisi lain, dapat merasakan kekuatan dan otoritas yang datang dari bermain dominan atau mendapatkan kenikmatan lewat penderitaan masokis. Masih belum dipahami apa yang menghubungkan pengalaman emosional ini dengan gratifikasi seksual atau bagaimana hubungan tersebut awalnya terbentuk. Bila kita mempertimbangkan kalau Ego juga merupakan pusat struktur repetitif mandiri yang kelaparan di kepenuhan dan keterhubungan yang ia nikmati di awal kehidupan, kita juga dapat memahami penghancuran batasan tersebut (dalam proses mempermalukan) dapat membawa re-imersi sementara kedalam matriks kehidupan bagi masokis. Sadis akan mengambil kenikmatan yang lebih sedikit dari ilusi menjadi Tuhan.
Disetujui oleh para psikolog kalau pengalaman di masa perkembangan seksual dapat memiliki pengaruh besar pada karakter seksualitas di kemudian hari. Walau demikian, keinginan sadomasokistik terlihat terbentuk dalam berbagai usia. Beberapa individu melaporkan mulai menginginkannya sebelum pubertas, rementara yang lain tidak hingga dewasa. Menurut sebuah studi, mayoritas sadomasokis laki-laki (53%) mengembangkan minatnya sebelum usia 15, sementara mayoritas perempuan (78%) mengembangkan minatnya lebih tua lagi.
Prevalensi sadomasokisme secara umum dalam populasi umum tidak diketahui. Walaupun sadis perempuan lebih sulit dikenali dari laki-laki, beberapa survey menunjukkan sejumlah fantasi sadis pada laki-laki dan perempuan. Hasil studi tersebut menunjukkan kalau jenis kelamin tidak menentukan pilihan sadisme.
  1. B. Pencegahan
Pencegahannya adalah seperti mengajari anak-anak untuk mengenali perilaku orang dewasa yang tidak pantas, menolak bujukan, segera menjauh dari situasi tersebut dan melaporkan insiden tersebut kepada orang dewasa yang tepat. Anak-anak diajari untuk mengatakan ‘tidak’ secara tegas dan asertif apabila ada orang dewasa yang berbicara kepada mereka atau menyentuh mereka dengan cara yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Para penyuluh dapat menggunakan buku-buku komik., film, dan gambaran tentang situasi berisiko dalam upaya mengajarkan tentang karakteristik penganiayaan seksual dan bagaimana cara anak-anak melindungi diri mereka sendiri.
Intevensi untuk orang dewasa, titik beratnya adalah pada pemaparan terhadap ingatan atas trauma tersebut melalui diskusi atmosfer terapeutik yang aman dan suportif. Mempelajari bahwa seksualitas manusia yang sehat tidak dapat menjadi bagian yang memperkuat kepribadian individu seiring berkembangnya kematangan pribadinya. Hambatan dalam kontak fisik dapat ditangani dalam lingkungan terapi kelompok dengan cata memegang tangan dan mengusap punggung secara terstruktur dan nonseksual. Seperti halnya pada perkosaan, penting untuk membuang rasa bersalah atas apa yang terjadi, mengubah atribusi tanggung jawab individu dari konsep diri “tingkah laku saya buruk” ke “tingkah laku (pelaku) buruk”. Intervensi bervariasi tegantung pada usia korban — remaja berusia 14 tahun tidak memerlukan boneka untuk mengingat apa yang terjadi, dan anak berusia 3 tahun jelas tidak dapat mengikuti untuk terapi kelompok.

  1. C. Ciri-ciri
Masokis sendiri dapat disebabkan karena adanya trauma di masa lalu, kemungkinan juga individu masokis mengalami trauma di masa kecil, misalnya seperti figur ibu yang inferior dan ayah yang superior. Selain itu, individu masokis juga mengalami kekerasan yang yang mendalam sehingga di alihkan menjadi kenyamanan. Tidak berfungsinya aspek sosial di dalam diri juga dapat menjadikan cirri dari pribadi masokis.
  1. D. Etiologi
a) Pandangan Psikodinamik
Menurut pandangan psikodinamik, parafilia pada dasarnya defensif, melindungi ego dari ketakutan dan ingatan dan direpres, dan mewakili fiksasi pada tahap pragenital dalam perkembangan psikoseksual. Orang dengan parafilia dilihat sebagai seseorang yang takut akan hubungan heteroseksual yang konvensional, bahkan yang tidak melibatkan seks. Perkembangan sosial dan seksualnya tidak matang, terbelakang, dan tidak adekuat untuk hubungan sosial dan persetubuhan heteroseksual dengan orang dewasa (Lanyon, 1986).
b) Pandangan Behavioral dan Kognitif
Terdapat pandangan bahwa parafilia muncul dari classical conditioning, yang secara kebetulan telah memasangkan rangsangan seksual dengan kelompok stimulus yang dianggang tidak pantas oleh masyarakat. Namun teori yang terbaru mengenai parafilia bersifat multidimensional, dan menyatakan bahwa parafilia muncul apabila terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang. Seringkali orang dengan parafilia mengalami penyiksaan fisik dan seksual pada masa kanak-kanak, dan tumbuh dalam keluarga yang hubungan antara orang tua dengan anak terganggu (Mason, 1997; Murphy, 1997). Pengalaman-pengalaman awal ini dapat berkontribusi terhadap tingkat kemampuan sosial serta self-esteem yang rendah, kesepian, dan kurangnya hubungan intim yang sering terlihat pada parafilia (Kaplan & Kreuger, 1997; Marshall, Serran, & Cortoni, 2000). Kepercayaan bahwa sexual abuse pada masa kanak-kanak merupakan predisposisi untuk munculnya, ternyata, masih perlu ditinjau ulang. Berdasarkan penelitian, kurang dari sepertiga pelaku kejahatan seks merupakan korban sexual abuse sebelum mencapai usia 18 tahun.
Distorsi kognitif juga memiliki peran dalam pembentukan parafilia. Orang dengan parafilia dapat membuat berbagai pembenaran atas perbuatannya. Pembenaran dilakukan antara lain dengan mengatribusikan kesalahan kepada orang atau hal lain, menjelek-jelekkan korban, atau membenarkan alasan perbuatannya. Sementara itu, berdasarkan perspektif operant conditioning, banyak parafilia yang muncul akibat kemampuan sosial yang tidak adekuat serta reinforcement yang tidak konvensional dari orang tua atau orang lain.
  1. E. Terapi
Karena sebagian besar parafilia ilegal, banyak orang dengan parafilia yang masuk penjara, dan diperintahkan oleh pengadilan untuk mengikuti terapi. Para pelaku kejahatan seks tersebut seringkali kurang memiliki motivasi untuk mengubah perilakunya. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan terapis untuk meningkatkan motivasi mengikuti perawatan (Miller & Rollnick, 1991):
  1. 1. Berempati terhadap keengganan untuk mengakui bahwa ia adalah pelanggar hukum.
  2. 2. Memberitahukan jenis-jenis perawatan yang dapat membantu mengontrol perilaku dengan baik dan menunjukkan efek negatif yang timbul apabila tidak dilakukan treatment.
  3. 3. Memberikan intervensi paradoksikal, dengan mengekspresian keraguan bahwa orang tersebut memiliki motivasi untuk menjalani perawatan.
  4. 4. Menjelaskan bahwa akan ada pemeriksaan psikofisiologis terhadap rangsangan seksual pasien; dengan demikian kecenderungan seksual pasien dapat diketahui tanpa harus diucapkan atau diakui oleh pasien (Garland & Dougher, 1991).
Terdapat beberapa jenis perawatan untuk parafilia, yaitu terapi psikoanalitis, behavioral, kognitif, serta biologis. Terdapat pula usaha hukum untuk melindungi masyarakat dari pelaku kejahatan seksual.
a) Terapi psikoanalitik
Pandangan psikoanalisa beranggapan bahwa parafilia berasal dari kelainan karakter, sehingga sulit untuk diberi perawatan dengan hasil yang memuaskan. Psikoanalisa belum mmberi kontribusi yang besar bagi penanganan parafilia secara efektif.
b) Teknik Behavioral
Para terapis dari aliran behavioral mencoba untuk mengembangkan prosedur terapeutik untuk mengubah aspek seksual individu. Pada awalnya, dengan pandangan bahwa parafilia merupakan ketertarikan terhadap obyek seksual yang tidak pantas, prosedur yang dilakukan adalah dengan terapi aversif. Terapi aversif dilakukan dengan memberikan kejutan fisik saat seoseorang menunjukkan perilaku yang berkaitan dengan parafilia. Metode lain, disebut satiation; seseorang diminta untuk bermasturbasi untuk waktu lama, sambil berfantasi dengan lantang. Kedua terapi tersebut, apabila digabungkan dengan terapi lai seperti pelatihan kemampuan sosial, dapat bermanfaat terhadap paedofilia, transvestisme, eksibisionisme, dan transvestisme (Brownell, Hayes, & barlow, 1977; Laws & Marshall, 1991; Marks & Gelder, 1967; Marks, Gelder, & Bancroft, 1970; Marshall & Barbaree, 1990).

Cara lain yang dilakukan adalah orgasmic reorientation, yang bertujuan membuat pasien belajar untuk menjadi lebih terangsang pada stimulus seksual yang konvensional. Dalam prosedur ini pasien dihadapkan pada stimulus perangsang yang konvensional, sementara mereka memberi respon seksual terhadap rangsangan lain yang tidak konvensional. Terdapat pula teknik lain yang umum digunakan, seperti pelatihan social skills.
c) Penanganan Kognitif
Prosedur kognitif sering digunakan untuk mengubah pandangan yang terdistorsi pada individu dengan parafilia. Diberikan pula pelatihan empati agar individu memahami pengaruh perilaku mereka terhadap orang lain. Banyak program penanganan yang memberikan program pencegahan relapse, yang dibuat berdasarkan program rehabilitasi ketergantungan obat-obatan terlarang.
d) Penanganan Biologis
Intervensi biologis yang sempat banyak diberikan dua generasi yang lalu adalah dengan melakukan kastrasi atau pengangkatan testis. Baru-baru ini, penanganan biologis yang dilakukan melibatkan obat-obatan. Beberapa obat yang digunakan adalah medroxyprogesterone acetate (MPA) dan cyptoterone acetate. Kedua obat tersebut menurunkan tingkat testosteron pada laki-laki, untuk menghambat rangsangan seksual. Walaupun demikian, terdapat masalah etis daripenggunaan obat, karena pemakaian waktu yang tidak terbatas serta efek samping yang mungkin muncul dari pemakaian jangka panjang. Baru-baru ini, fluoxetine (Prozac) telah digunakan, karena obat tersebut kadang-kadang efektif untuk mengobati obsesi dan kompulsi. Karena parafilia terbentuk dari pikiran dan dorongan yang serupa dengan parafilia.
e) Usaha Hukum
Di Amerika, sebagai akibat dari tuntutan masyarakat, telah muncul hukum mengenai pelaku kejahatan seks. Dikenal sebagai Megan’s Law, hukum tersebut memungkinkan warga sipil untuk mendeteksi keberadaan mantan pelaku kejahatan seksual, yang dianggap berbahaya. Dengan hukum ini, diharapkan masyarakat dapat waspada, dan para mantan pelaku tidak berkesempatan untuk mengulangi kejahatannya.
  1. F. Kasus
Film : A Dangerous Method
Saat itu Sabina Spielrein (Keira Knightley) baru berusia 18 tahun. Meski usianya masih sangat muda namun gadis cantik ini sudah menanggung beban hidup yang sangat berat. Ia terpaksa harus dirawat di sebuah klinik. Di sinilah Sabrina bertemu Carl Jung (Michael Fassbende) dan Sigmund Freud (Viggo Mortense).
Carl Jung adalah seorang psikolog muda asal Swiss yang sedang mendalami teori yang dikemukakan Sigmund Freud. Carl berminat menangani kasus Sabrina yang saat itu dianggap cukup rumit. Sabrina sendiri punya masa lalu yang suram dan kondisi psikologisnya sangat tidak stabil.Para pendukung Jung menganggap Freud sebagai pribadi yang mengalami penyimpangan orientasi seks. Sebaliknya, pendukung Freud merendahkan Jung karena dianggap terlalu banyak omong kosong dengan ilmu-ilmu takhayulnya. Mungkin mereka berdua lebih banyak benarnya daripada salah. Persaingan besar dan abadi ini didramatisir dalam film arahan David Cronenberg, “A Dangerous Method”.
Carl Jung menikah dan membina kehidupan rumah tangga yang mapan. Sebagai seorang praktisi terkemuka di bidang studi baru yang kontroversial, ia ingin menerapkan metode psikoanalisis yang dianjurkan oleh Sigmund Freud. Dan, Sabina Spielrein menawarkan sebuah kesempatan yang sempurna bagi Jung.
Meskipun memiliki kecerdasan yang tajam, namun Sabina merasa sangat terganggu mendapati kenyataan bahwa dirinya tidak berguna dalam masyarakat. Namun, ketika Jung dapat membuat Sabina mengeluarkan isi hatinya, akar dari siksaan batinnya kian menjadi jelas. Kemudian Sabina mempelajari ilmu kedokteran, dengan maksud untuk menjadi psikiater sendiri. Semuanya mungkin telah berakhir bahagia pada saat ini, kalau bukan karena libido itu sendiri yang merusak semuanya.
Setelah menjalani masa hukuman pencobaan, Jung yang didera rasa bersalah, secara drastis beristirahat total dari mantan-mantan pasiennya. Ini membuat Sabina Spielrein gelisah mencari mentor psikiater yang baru, yang akhirnya bertemu dengan dr. Sigmund Freud. Mendengar penuturan Spielrein, Freud menjadi agak kecewa terhadap rekannya yang lebih muda tersebut (Jung), sementara Spielrein kian hari kian sejalan pemikirannya dengan Freud dalam mengolah tulisan akademisnya. Sehingga tidak mengherankan, hal ini memperburuk pembagian filosofis antara Freud dan Jung.
Walaupun tidak setenar rekan-rekan prianya, namun Sabina Spielrein dapat dibilang mampu menghadirkan kehidupan yang lebih sinematik. Dia adalah seorang Yahudi Rusia yang secara tragis harus kembali ke tanah air-nya di era Soviet. Banyak sanak keluarga Spielrein yang tewas selama Pemerintahan teror Stalin, sementara ia pun akhirnya dibunuh oleh kaum Nazi. Dia bukan hanya seorang perempuan yang cantik; beasiswa yang didapatkannya diperkirakan dipengaruhi baik oleh Jung maupun Freud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar